Lompat ke isi utama

Berita

Proses Pembentukan Panwascam, 42 Peserta Existing Ikuti Evaluasi

Proses Pembentukan Panwascam, 42 Peserta Existing Ikuti Evaluasi

Lubuk Basung, BAWASLU AGAM - Sebanyak 42 orang mengikuti Evaluasi Panwascam Existing Atasan Langsung pada Sabtu (27/04). Evaluasi tersebut merupakan rangkaian dari proses keterpenuhan syarat Panwaslu Kecamatan existing untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Pada saat ini, Bawaslu Kabupaten Agam sedang melakukan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dalam Pemilihan Tahun 2024. Peserta seleksi terdiri dari 2 (dua) kategori yaitu Peserta Existing yang merupakan anggota Panwascam yang saat ini telah atau sedang melaksanakan tugas pengawasan Pemilu 2024, dan Peserta Pendaftar Baru. Peserta Existing nantinya harus melalui serangkaian syarat pemberkasan administrasi dan evaluasi kinerja.

Pada tahap penerimaan dan verifikasi berkas administrasi, Bawaslu Agam telah menerima berkas dari Panwascam existing. Dari 48 orang Panwascam yang bertugas pada penyelenggaraan Pemilu 2024, terdapat 43 orang yang menyerahkan berkas pendaftaran. Dari jumlah tersebut, 42 orang hadir pada evaluasi langsung hari ini.

Ketua Bawaslu Agam, Suhendra menjelaskan bahwa evaluasi Peserta Existing dilakukan dalam 2 (dua) tahap yaitu penilaian portofolio yang dilakukan melalui google form dengan mengupload bukti pendukung, dan evaluasi Panwascam existing atasan langsung yang dilaksanakan terpusat di Lubuk Basung. "Penilaiannya portofolio 40 persen, dan penilaian atasan langsung 60 persen," tungkasnya. Ia berharap peserta Panwascam Existing dapat menjawab pertanyaan dengan sungguh-sungguh dan menunjukkan integritas terhadap lembaga yang telah diperlihatkan dalam melakukan pengawasan pada Pemilu 2024.

Hasil evaluasi Panwascam existing nantinya akan disampaikan pada Bawaslu Provinsi Sumatera Barat untuk dilakukan konsultasi sebelum peserta yang memenuhi syarat diumumkan. Kemudian, bagi kecamatan yang belum memenuhi kuota akan dilakukan rekruitmen secara umum. Proses rekruitmen bagi pendaftar baru akan diumumkan pada 3-4 Mei 2024. Jadwal Pembentukan Panwaslu Kecamatan pada Pemilihan Tahun 2024 selengkapnya dapat diakses melalui akun media sosial Bawaslu Agam.

Penulis dan Foto: iin

Editor: Yuhendra