Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Agam Awasi Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK di Lima Lokasi

Bawaslu Agam Awasi Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK di Lima Lokasi

Agam, BAWASLU AGAM – Bawaslu Kabupaten Agam melakukan pengawasan seleksi tertulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024 di lima lokasi yang ada di Kabupaten Agam, Senin (06/05).

Seleksi tertulis yang diselenggarakan KPU Kabupaten Agam dengan sistem CAT yaitu di SMAN 1 Ampek Angkek, SMAN 1 Banuhampu, SMAN 1 Tilatang Kamang, SMAN 1 Matur, dan SMAN 1 Lubuk Basung. Dalam hal pengawasan ini, Bawaslu Agam langsung melakukan pengawasan melekat di lima lokasi tersebut.

Dimana fokus pengawasan Bawaslu Agam terhadap pelaksanaan seleksi tertulis PPK yaitu memastikan kesiapan sarana dan prasarana ujian, memastikan kehadiran peserta ujian, instalasi internet, serta prosedur pelaksanaan seleksi tertulis PPK telah dilakukan sesuai dengan ketentuan. Dalam pelaksanaannya, Bawaslu Agam telah membentuk Tim Pengawasan Perekrutan PPK yang bertugas mengawasi seluruh proses pembentukan badan ad hoc KPU tersebut.

Dalam melakukan pengawasan pembentukan badan ad hoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota, Bawaslu Agam secara aktif melakukan pengawasan melekat serta berkoordinasi secara intensif dengan KPU Kabupaten Agam.

"Kami dari Bawaslu melakukan pengawasan semenjak dari tahapan sosialisasi hingga nantinya pelantikan anggota PPK 16 Kecamatan di Kabupaten Agam, " jelas Kordiv SDMO Bawaslu Agam, Beni Andwila.

Selain melakukan pengawasan terhadap pembentukan badan ad hoc KPU ini, Bawaslu Agam juga membuka posko aduan masyarakat selama proses pembentukan ad hoc.

Penulis: iin

Editor: Yuhendra