Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Agam Kilas Balik Pengawasan Pemilu 2024, Cara Kita Memaknai 16 Tahun HUT Bawaslu

1

Lubuk Basung, BAWASLU AGAM – Selasa (16/04), Bawaslu Agam melakukan kegiatan Apel HUT Ke-16 Bawaslu di halaman kantor Bawaslu Agam di Lubuk Basung. Kegiatan apel pagi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Tasyakuran HUT Ke-16 Bawaslu yang dilaksanakan pada 16 April 2024. Pada hari ini, dilakukan rangkaian kegiatan Apel Pagi, Penyerahan Satya Lencana, Lauching Dana Kerohiman Bawaslu, Pemotongan Tumpeng, dan pemberian santunan untuk keluarga dari pengawas yang gugur di Pemilu 2024. Pelaksanaan kegiatan apel pagi dilakukan pada setiap tingkatan hingga Bawaslu Kabupaten/Kota.

Dalam apel pagi yang dihadiri oleh seluruh jajaran Bawaslu Agam dan sekretariat tanpa terkecuali, Ketua Bawaslu Agam Suhendra menjadi pembina apel. Pelaksanaan apel pagi yang juga merupakan pertemuan pertama setelah Hari Raya Idul Fitri, Suhendra mewakili pimpinan Bawaslu Agam mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin.

Lebih lanjut, ia menyampaikan ucapan selamat kepada Bawaslu Republik Indonesia yang telah hadir selama 16 tahun dalam mengawasi proses demokrasi di Indonesia. Ia menyampaikan harapan kepada Bawaslu untuk menjadi lembaga yang berintegritas tinggi dalam melakukan pengawasan Pemilu. Hal ini tidak hanya sekedar harapan, namun dapat dilakukan oleh jajaran Bawaslu Agam dengan cara menjaga marwah lembaga.

“Pada peringatan HUT Bawaslu Ke-16 ini mari kita evaluasi bersama kinerja dalam melakukan pengawasan pada Pemilu Serentak 2024. Sebagaimana pepatah Alam Takambang Jadi Guru, maka jadikanlah pelaksanaan Pemilu sebagai bahan evaluasi kita untuk lebih baik dan lebih semangat lagi dalam mengawal Pilkada kedepannya,” urai Suhendra.

Pada hari yang sama, setelah pelaksanaan Apel Pagi Bawaslu Agam akan mengadakan Rapat Persiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Evaluasi kerja pengawasan pada Pemilu Serentak 2024.

Penulis: iin

Editor: Yuhendra