Lompat ke isi utama

Berita

Komitmen Menjaga Netralitas, Bawaslu RI Ajak Kepala Daerah Deklarasi Jaga Netralitas ASN

bawaslu agam

Jakarta, BAWASLU AGAM - Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia mengajak para kepala daerah untuk menjaga netralitas aparatur sipil negara saat Pilkada 2024 sudah memasuki tahapan penetapan pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah, mengingatkan banyaknya calon dari kepala daerah.

“Tanggal 22 September nanti akan ada penetapan calon kepala daerah, dan hal inilah yang kemudian membuat kami harus berpikir dan bekerja keras agar netralitas ASN dapat kita jaga secara bersama-sama,” kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja pada Selasa (17/09).

Berdasarkan indeks kerawanan pilkada yang dirilis Bawaslu, kata Bagja, isu netralitas ASN merupakan isu ketiga yang rawan pada masa pilkada, karena itu pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi nasional bersama yang khusus mengantisipasi pelanggaran ASN.

Kegiatan Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah, Menjaga Netralitas ASN pada Pemlihan Serentak Tahun 2024 mengundang Gubernur, Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah Tingkat provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia. Dari Kabupaten Agam, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Agam Yuli Zamra serta Bupati Agam Andriwarman.