Lompat ke isi utama

Berita

Resolusi Awal Tahun, Bawaslu Agam Berupaya Agar Pengelolaan Data dan Informasi Menjadi Lebih Baik

Resolusi Awal Tahun, Bawaslu Agam Berupaya Agar Pengelolaan Data dan Informasi Menjadi Lebih Baik

Padang, BAWASLU AGAM – Pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Tahun 2024 yang diadakan pada Rabu, (31/01) Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Alni mengingatkan agar Pengelolaan Data dan Informasi dalam setahun kedepan dapat dikelola dengan baik.

Kegiatan ini diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. Bawaslu Kabupaten Agam pada kegiatan ini diwakili oleh Kepala Sekretariat, Yuli Zamra beserta 1 staf yang membidangi Data dan Informasi.

Kepal Sekretariat Yuli Zamra sedang mengikuti kegiatan (31/01/2024)

Kordiv. Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Provinsi Sumatera Barat, Vifner menjelaskan terkait kendala dalam Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik dapat diatasi dengan menyusun beberapa strategi. Ia menyimpulkan Strategi Pengelolaan Data dan Informasi 2024 oleh Bawaslu yaitu dengan membangun komunikasi dengan Komisi Informasi, optimalisasi teknologi Unifikasi Web PPID, dan memperkaya inovasi.

“Kendala kita berdasarkan penilaian Komisi Informasi Sumbar yaitu peretasan website yang dialami beberapa Bawaslu Kabupaten/Kota, keterbatasan anggaran, SDM pengelola yang terbatas, minat masyarakat yang minim, dan tumpang tindih kegiatan, kebijakan dan wewenang,” buka Vifner. Dengan menjalankan strategi diatas, pengelolaan keterbukaan informasi publik akan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, M. Taufik, staf Pusdatin Bawaslu RI menjelaskan kendati demikian, kendala tersebut telah diupayakan oleh Pusdatin Bawaslu RI agar keamanan website Bawaslu Kabupaten/Kota semakin baik dengan telah dilakukan Unifikasi Website Utama. Pelayanan Informasi Publik Bawaslu sudah integrasi secara Nasional. 

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dalam kegiatan pada Rabu (31/01/2024)

Sebagai Lembaga Pengawas Pemilu, dalam hal Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu RI berfokus pada Standar Layanan. Sekarang, setiap permintaan informasi Bawaslu dapat ditujukan kepada Bawaslu Provinsi dan Kabupaten Kota se Indonesia.

Dalam kegiatan ini, Nofal Wiska, Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat turut hadir dalam kegiatan. Diharapkan melalui kegiatan ini, Pengelolaan Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat diharapkan dapat semakin baik dalam satu tahun kedepan ini.

Penulis: ADK

Foto: Bawaslu Sumbar

Editor: Iin, Yuhendra