Lompat ke isi utama

Berita

Rakornas Humas Sebagai Ruang Mempertemukan Gagasan Kreatif

1

 

Jakarta, BAWASLU AGAM - Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty menyampaikan pada acara Rakornas Konsolidasi Pengelolaan Kehumasan Bawaslu Dalam Rangka Pemilihan Serentak Tahun 2024 agar Humas segera mempersiapkan diri untuk tahapan Pemilihan (Pilkada) serentak tahun 2024.

 "Ketika pulang nanti, humas Bawaslu jangan lupa jalan pulang. Saat sampai di rumah, humas harus mengerti apa tujuan pulang dan apa yang harus dikerjakan ketika sudah pulang," pesan dari Lolly Suhenty tersebut bermakna ketika humas Bawaslu kembali ke daerah masing-masing agar segera melaksanakan strategi kehumasan dengan langkah sebagai berikut: melakukan peningkatan literasi media untuk diseminasi informasi, optimalisasi pemanfaatan  teknologi informasi dalam mencapai target kerja kehumasan, serta penguasaan kolaborasi humas Bawaslu bersama stakeholder pada tahapan pemilihan serentak 2024.

Dengan berakhirnya tahapan Pemilu, humas harus sigap meng-cover perencanaan kehumasan untuk tahapan Pilkada. Pada bulan ini, tahapan Pemilu berakhir sedangkan tahapan Pilkada segera dimulai. Humas Bawaslu dituntut untuk segera berfokus melakukan edukasi terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota melalui seluruh platform sosial media yang dimiliki.

"Publikasi kehumasan kita akan beralih dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ke Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan," Ujar Loly.

Kegiatan yang berlangsung pada 15 sd. 17 Maret 2024 ini dihadiri oleh seluruh kabag/kasubag Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dalam kegiatan ini, Bawaslu Kabupaten Agam diwakili oleh Kasubag Pengawasan, Mizlin Hardi, dan satu staf Humas. Kegiatan dihadiri oleh Anggota Bawaslu RI Loly Suhenty, Kepala Biro Hukum dan Humas Agung Bagus Gede Bhayu Indra Atmaja, Deputi Bidang Administrasi Ferdinand Eskol Tiar Sirait, serta Tenaga Ahli Bawaslu RI, Ronal Maikel Manoa.

Selain menghadirkan pembicara yang membahas strategi kolaborasi kehumasan Bawaslu secara praktis berdasarkan pengalaman sebagai Anggota Bawaslu, yaitu Marini, Wahidah Suaib, dan Siti Khofifah, pada kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari beberapa media populer yang aktif menyuarakan tentang kepemiluan. Menjadi pembicara dalam kegiatan ini yaitu Yohan Wahyu dari Litbang Kompas, Try Luthfi Nugroho dari Think Policy yang menginisiasi website BijakMemilih, dan Zen Rahmat Sugito Pemimpin Narasi TV yang membagikan strategi serta kiat-kiat dalam meningkatkan literasi media untuk diseminasi informasi, serta Kang Arul Pakar Kehumasan Media Sosial yang berbicara mengenai optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam mencapai target kerja kehumasan.

3
2
1

Penulis: Iin Wulandari

Editor: Yuhendra