Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan "Tepat Logistik", Bawaslu Agam Kawal Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024

1

Lubuk Basung, BAWASLU AGAM - Proses sortir dan pengepakan Logistik telah dilakukan KPU Agam hingga tanggal 31 Januari 2024, dari hasil pengepakan tersebut diketahui Kekurangan Logistik untuk beberapa TPS, KPU Agam telah melakukan pengajuan dan pengambilan untuk Pemenuhan Kekurangan Logistik tersebut ke KPU Provinsi Sumatera Barat. Pemenuhan Kekurangan Logistik pertama tanggal 2 Februari 2024 dan Pemenuhan Kekurangan Logistik kedua tanggal 8 Februari 2024. Pengawasan sortir lipat dan pengepakan kekurangan logistik di Gudang KPU Agam masih berlangsung hingga Jum’at (09/02) kemarin.

Tahapan Perencanaan, Pengadaan, Dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 (Tahapan Logistik) merupakan tahapan krusial Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Beni Andwila, Anggota Bawaslu Agam menyampaikan berdasarkan Koordinasi dengan ketua KPU Agam bahwa "Pengadaan Logistik seluruhnya di ampu oleh sekjen KPU RI, ada 3 (tiga) Tahap terkait Pengadaan Logistik yaitu Tahap 1 Pengadaan Bilik & Kotak, Tahap 2 Pengadaan Surat Suara dan Tahap 3 Pengadaan Formulir dan Sampul". Kriteria utama dari Logistik Pemilu adalah Ketepatan, yaitu Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Kualitas, Tepat Waktu, Tepat Sasaran, serta Tepat Biaya.

Kedatangan logistik pertama di Kabupaten Agam berupa bilik suara tanggal 21 Oktober 2023, bilik suara diload pada Gudang I KPU Agam. Berdasarkan pencegahan dari Bawaslu Agam setiap Gudang KPU Agam harus mempertimbangkan Lokasi Sortir dan Penyimpanan Logistik yang aman dan tidak merusak Logistik. KPU Agam mempersiapkan tiga Gudang Untuk Penyimpanan dan Sortir Logisik yaitu Gudang I Jl Diponegoro Lubuk Basung, Gudang II Jl Tuanku Nan Renceh Lubuk Basung, dan Gudang III Kantor KPU Agam Jl Veteran Padang Baru Lubuk Basung.

Terkait Kejadian tak terduga dalam distribusi Logistik, KPU sudah melakukan Mitigasi dan Pemetaan Daerah-daerah rawan serta sudah Koordinasi dengan Pihak terkait demi kelancaran Distribusi Logistik. Bawaslu Agam bersama KPU Agam mengajak para stakeholder terkait untuk ikut andil dalam kelancaran Distribusi hingga H-1 di TPS.

Penulis: ADK

Editor: Yuhendra