Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Agam Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang

Lubuk Basung, BAWASLU AGAM – Kesiapan Bawaslu Kabupaten Agam dalam mengawasi Masa Tenang diawali secara simbolik melalui kegiatan Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Agam, Minggu (11/02).

Apel ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu Agam, Suhendra serta dihadiri oleh anggota Bawaslu Agam, Rendi Oktafianda, Beni Andwila, Yuhendra, dan Feri Irawan. Dalam kegiatan Apel ini, Bawaslu Agam mengundang Forkopimda Kab. Agam, Dishub, DLH, media, Panwascam serta PKD Kecamatan Lubuk Basung, serta teman-teman Pengawas TPS di Kecamatan Lubuk Basung.

Pada kegiatan ini, Bawaslu Agam mengucapkan apresiasi terhadap jajaran pengawas yang telah mengawal masa kampanye yang resmi berakhir kemarin. Namun kinerja pengawasan tidak hanya berhenti sampai disitu, pada tahapan Masa Tenang ini Bawaslu Agam berkomitmen untuk melakukan pengawasan dengan menggiatkan patroli masa tenang. Melalui kegiatan ini, Bawaslu Agam menyampaikan hasil pengawasan serta tindak lanjut dalam menghadapi masa tenang.

“Pada Masa Kampanye, Bawaslu Agam telah mengawasi 443 kegiatan kampanye. Diantaranya terdapat 201 kegiatan yang tidak memiliki STTP dan telah dilakukan upaya pencegahan oleh jajaran pengawas tingkat kabupaten, kecamatan, hingga nagari,” jelas Suhendra.

Selanjutnya, Bawaslu Agam akan melakukan pengawasan terhadap masa tenang. Terdapat beberapa kerawanan dan membutuhkan kesiap siagaan pengawas pemilu setiap tingkatan untuk terus semangat melakukan pengawasan dan menjalin koordinasi dengan stakeholder.

Kerawanan tersebut antara lain terkait kampanye di masa tenang, APK yang masih terpasang, konten kampanye di media sosial yang belum dihapus, lembaga penyiaraan serta media massa cetak, dan daring, munculnya survei tentang pemilu, kerawanan politik uang, serta pemilih pemula yang terdaftar DPT namun belum melakukan perekaman.

Untuk Itu, sebagai tindak lanjut Bawaslu Agam memetakan lokasi TPS yang dianggap rawan dengan berdasarkan pada 7 variabel. Kerawanan tersebut akan terus dipantau dan lakukan pencegahan dengan berbagai strategi. Salah satunya dengan menggiatkan patroli pengawasan di masa tenang ini.

 

 

Penulis dan Foto: iin

Editor: Yuhendra